(021)801-2521

PT Sinergi Solusi Bisnis

Provider Training Terbaik di Indonesia

Rabu, 02 Agustus 2017

Penghasilan Wajib Pajak Badan Yang Bukan Objek Pajak


Berikut ini merupakan penghasilan-penghasilan yang tidak termasuk sebagai objek pajak sehingga tidak menambah unsur penghasilan dalam perhitungan penghasilan kena pajak pada akhir tahun, diantaranya: baca; info training pajak
  • Bantuan/sumbangan Hibah yang diterima oleh badan keagamaan, badan pendidikan, badan sosial termasuk yayasan, koperasi sepanjang tidak ada hubungan usaha, pekerjaan, kepemilikan dan penguasaan. Ketentuan lebih lengkapnya diatur dalam PP No 18 Tahun 2009. Ketentuan lebih lengkapnya diatur dalam PP No 18 Tahun 2009, antara lain mengatur sebagai berikut: 
  1. Bantuan atau sumbangan, termasuk zakat dan sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia dikecualikan sebagai objek PPh sepanjang tidak ada hubungan dengan usaha, pekerjaan, kepemilikan, atau penguasaan di antara pihak-pihak yang bersangkutan. 
  2. Bantuan atau sumbangan tersebut adalah pemberian dalam bentuk uang atau barang kepada orang pribadi atau badan. 
  3. Zakat yang diterima oleh badan amil zakat atau lembaga amil zakat yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah dan penerima zakat yang berhak 
  4. Sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan pemerintah dan penerima sumbangan yang berhak 
  • Dividen/bagian laba usaha dari penyertaan modal pada badan usaha di Indonesia sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 4 ayat 3 huruf f UU PPh, yaitu:
  1. Penerima dividen berbentuk PT, BUMN, BUMD dan Koperasi 
  2. Dividen dari penyertaan modal pada badan usaha yang didirikan dan bertempat kedudukan di Indonesia, 
  3. Kepemilikan saham di perusahaan investee paling rendah 25% dari jumlah modal yang disetor (kecuali bagi investor koperasi), 
  4. Dividen yg dibagikan berasal dari laba ditahan. 
  • Iuran dan penghasilan tertentu yang diterima dana pensiun; bidang penanaman modal tertentu yang memberikan penghasilan kepada dana pensiun yang tidak termasuk sebagai objek PPh badan.
  • Bagian laba yang diterima perusahaan modal ventura dari badan pasangan usaha. Bagian laba tersebut dari pasangan usaha yang didirikan dan menjalankan usaha di Indonesia, sepanjang perusahaan pasangan usaha tersebut.
  • Keuntungan karena pembebasan utang sesuai Peraturan Pemerintah. 
  • Iuran yang diterima oleh dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh Menteri Keuangan, baik yang dibayar pemberi kerja maupun oleh pegawai; Penghasilan dari modal yang ditanamkan dalam bidang-bidang tertentu yang ditetapkan Menteri Keuangan. 
  • Harta atau setoran tunai sebagai pengganti saham atau sebagai pengganti penyertaan modal. 
  • Sisa lebih yang diterima atau diperoleh badan atau lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan dan/atau bidang penelitian dan pengembangan yang telah terdaftar pada instansi yang membidanginya, yang ditanamkan kembali dalam bentuk sarana dan prasarana kegiatan pendidikan dan/atau bidang penelitian dan pengembangan dalam jangka waktu paling lama empat tahun sejak diperolehnya sisa lebih tersebut.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it -
Join Our Newsletter